Membangun Komunikasi untuk Aksi Berbagi dan Berkolaborasi - Aksi #1

Tidak jarang kita menemukan kesulitan, bahkan gagal di tengah jalan hanya karena mampetnya komunikasi. Baik itu gagalnya komunikator dalam menyampaikan informasi, atau penerima informasi sendiri yang belum memahami apa yang kita sampaikan. Alasan inilah saya menempatkan kegiatan pertama yang harus dilakukan setelah mempelajari semua modul Pembatik Level 4 adalah membangun komunikasi yang baik. Dalam hal ini, saya sebagai guru harus bisa menyampaikan kepada Kepala Sekolah; kesempatan saya sebagai peserta Pembatik Level 4 butuh dukungan dan saran dari pimpinan.

Usai jam pelajaran ke-3 saya langsung turun menemui Pak Darto (Kepala Sekolah SMPN 55 Surabaya) di ruang kepala sekolah. Beliau sudah dari tadi menunggu saya, sebelumnya lewat Whatsapp saya sudah menyampaikan kepada beliau bahwa saya lolos Pembatik Level 4. Ucapan selamat dari beliau langsung terlomtar sebelum saya duduk di kursi depan mejanya. “Selamat, terus berbagi dan berkolaborasi.” Pak Darto menyalami saya.

Pertama, saya menyampaikan beberapa rencana agenda yang akan saya lakukan baik di SMPN 55 Surabaya dan beberapa sekolah di sekitarnya. Agenda ini berkaitan dengan tugas dan laporan Pembatik Level 4 yang saya ikuti. Secara garis besar kegiatan yang akan dilakukan adalah berbagi dan berkolaborasi, khususnya dalam pemanfaatan rumah belajar. 

Di dalam rumah belajar sendiri terdapat beberapa fitur utama yang disediakan oleh Pusdatin. Ada Kelas Maya, Sumber Belajar, Bang Soal, dan Laboratorium maya, selain fitur utama ada beberapa fitur pendukung, yaitu; Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa, dan lain-lain. Minimal output dari agenda kegiatan saya, sahabat guru tidak asing lagi dengan fitur utama Rumah Belajar.

Pak Darto menyambut dengan terbuka, apalagi menyangkut peningkatan pembelajaran dan kompetensi guru, khususnya pemanfaatan TIK dalam pembelajaran. “hari ini kita tidak bisa sendirian, apalagi Pendidikan itu sangat kompleks. Belum lagi bicara permasalahan perkembangan teknologi yang terus melesat. Jika yang muda sudah tidak semangat berbagi dan mau berkolaborasi, siapa lagi?” sambut Beliau.

Selain memberikan sambutan hangat beliau juga menyarankan kegiatan ini benar-benar berdampak terhadap peningkatan kwalitas pembelajaran atau Pendidikan, minimal di sekolah tercinta ini. “Kegiatan ini saya dukung penuh, Pak Untung. Namun, jangan hanya kegiatannya yang sukses, tujuan dari diadakannya kegiatan ini harus dicapai. Harus berdampak baik terhadap pembelajaran.” Imbuh penggagas sekolah Wisata Edukasi di SMPN 55 Surabaya.

Saya sangat bersyukur. Semoga dengan komunikasi awal yang baik, saya mampu menyelesaikan tugas-tugas dalam Pembatik Level 4 dengan maksimal. Bertanggungjawab atas apa yang menjadi harapan bapak Kepala Sekolah. 

Next Post Previous Post
2 Comments
  • Sri Rahayu's Personal Blog
    Sri Rahayu's Personal Blog 17 Oktober 2022 pukul 15.00

    Very good. Your writing is always intersting. Good job, Sir. Do the best. Barakallah...

    • Pakguru Untung
      Pakguru Untung 1 November 2022 pukul 00.04

      Thank's, bu. semoga suport dan doanya bisa menambah semangat saya

Komentar
comment url