Modul 1 Teknik Dasar Pantomim - Seni Budaya (Teater) Kelas 8 Semester 1

Pengertian Pantomim

Istilah pantomime berasal dari bahasa Latin, yaitu: Pantomimus, yang artinya meniru segala sesuatu. Pantomime merupakan pertunjukan teater dengan isyarat; dalam bentuk mimik wajah atau gerakan tubuh, sebagai dialog. Cerita dalam pertunjukan pantomime pada umumnya memiliki alur dan bentuk komedi. 

Dalam Encyclopedia Britanica, disebutkan bahwa pantomim adalah seni yang mengandalkan olah tubuh tanpa suara, bahasa yang digunakan adalah bahasa non verval. Sedangkan dalam kamus bahasa Indonesia, arti pantomime adalah pertunjukan drama tanpa kara-kata yang dimainkan dengan gerak dan ekspresi wajah. 

Ciri-ciri pantomime

Ciri-ciri pantomime sebagai berikut; 
  1. Mengandalkan tingkah laku non verbal untuk mengungkapkan makna atau maksud tertentu.
  2. Mendayagunakan secara optimal seluruh anggota tubuh, gesture, gerakan badan, mimic muka, tangan, kaki, dan sebagainya.
  3. Dengan bahasa tubuh gerakan tangan, dan ekspresi wajah dapat diungkapkan emosi, pikiran dan kehendak.
  4. Berbagai pikiran emosi tersebut dinyatakan dalam gerakan-gerakan yang sangat detail.

Unsur-unsur Pementasan Pantomim

Unsur-unsur pementasan pantomime, antara lain; 
  • Naskah
Naskah pantomim dibuat hanya dalam bentuk skrip adegan, setiap babakny dan disertakan narasinya. Naskah pantomim difungsikan untuk memberikan gambaran pementasan yang akan dilakukan, seperti tema, amanat, tokoh-tokoh yang terlibat, jalan cerita yang dibangun, latar yang digunakan, dan lain sebagainya.
  • Sutradara
Seorang sutradara bertugas membuat naskah drama yang layak untuk dipentaskan, memilih pemain yang sesuai dengan karakter dalam naskah pantomimnya, menentukan tata panggung, tata rias, dan tata busana yang akan digunakan dalam pementasan. Tugas utama sutradara yang lainnya adalah mengarahkan seluruh jalan cerita, termasuk adegan yang dilakukan oleh pamain.
  • Pemain
Pemain adalah yang memerankan tokoh yang dituliskan dalam cerita. Dalam pantomim, pemain pantomim cenderung memerankan tokoh sesuai dengan alur babak ceritanya.
  • Tata panggung
Tata panggung adalah tempat diselenggarakannya pentas dan panggung harus disesuaikan dengan latar yang ditulis dalam naskah. Hal tersebut didukung dengan penyediaan alat-alat pendukung yang disebut properti. Properti dapat berupa benda asli atau benda asli yang sengaja dibuat untuk pementasan.
  • Tata rias
Tata rias dalam pantomim cenderung hanya memakai warna putih yang disebut Body painting yang dipakai untuk mewarnai wajah, selain itu digunakan juga pensil alis dan lipstick untuk memperjelas karakter si pemain pantomim.
  • Tata busana dan kostum
Tata busana dan kostum mencakup baju dan perhiasan yang akan digunakan dalam pemain selama pementasan. Tata busana harus mendukung cerita yang telah ditulis dalam naskah. Dahulu kostum yang digunakan pada oleh aktor pantomim hanya berwarna hitam saja.

Unsur-unsur Pendukung Pantomime

Unsur-unsur Pendukung Pantomime, antara lain sebagai berikut: 
  • Mimik
Seorang pemain/aktor pantomime sangat mengandalkan ekspresi mimik dalam menerangkan suatu keadaan seperti sedih, marah, kecewa, gembira, bingung, dan lain-lain.
  • Gerak
Gerak tubuh bertugas menciptakaan sesuatu yang tidak ada menjadi ada, seperti memegang gelas, memegang pisau, memagang kaca, berjalan, berlari, naik tangga, dan lain-lain.
  • Musik
Musik dalam hal ini sangat mendukung pertunjukan pantomim, untuk membangun situasi dan emosi. Sehingga penonton juga larut dalam situasi yang ingin digambarkan, seperti situasi seram, situasi bahagia, situasi sedih, dan lain-lain.
 
Aktor pantomim harus mampu menguasai tempo dan irama musik yang mengirinya. Sehingga penonton tidak merasakan kejanggalan, karena apa yang dilihat tidak sesuai dengan apa yang didengar. Contohnya, musik dalam keadaan sedih mungkin dipilih yang temponya pelan, dalam keadaan tergesa-gesa mungkin temponya cepat, dan lain-lain.


Tugas Modul 1

  1. Silakan tonton dan amatilah video pementasan pantomim di bawah ini!
  2. Ceritakan kembali bagaimana alur cerita video pementasan pantomim tersebut!
  3. Diskripsikan bagaimana ekspresi wajah dari aktor atau pantomimer tersebut!
  4. Tulis hasil pengamatanmu dalam komentar video tersebut. dengan diawali menyebutkan Kelas dan Nama.

Next Post Previous Post
No Comment
Komentar
comment url