Kebiasaan Rendra Mandi yang Tidak Biasa

Soal mandi Rendra memiliki kebiasaan yang sangat berbeda dengan saya, dan bundanya. Dia senang berendam di bak bundar yang biasa dipakai untuk nyuci baju. Bak nya diisi air penuh, terus dia nyemplung duduk di dalamnya. Selain alat mandi juga ada beberapa benda yang dibuat mainan saat mandi. Kadang mobil-mobilan, botol bekas air mineral, kantong plastik, dll.

Selain itu, sering juga baju dan celana yang sudah dia pakai sebelumnya dia minta untuk dicuci sendiri bersama beberapa benda mainannya. Aktivitas tersebut bisa memakan waktu tiga puluh menit sampai satu jam. Kalau ritualnya belum selesai diminta untuk mentas sangat sulit, terpaksa kami memilih membiarkan dia sampai selesai. 

Biasanya jika ritualnya dianggap sudah selesai, dia akan memanggil saya "ayah, mentas, yah". Saya langsung nyamperin Rendra, mengguyur tubuhnya dengan air bersih, meratakan sabun pada tubuhnya, lalu diguyur dengan air lagi. Diakhiri dengan ngelap tubuhnya dengan handuk.

Selain ritual mandinya yang tidak sebentar dia juga sering minta mandi, sehari bisa tiga sampai lima kali. Untuk wajibnya, dua kali sehari. Jika anak-anak yang lain sulit untuk diajak mandi, atau perlu ada drama untuk mandi. Sangat berbeda dengan Rendra. Bangun tidur jika tidak mencari saya, dia akan mencari utinya dan langsung minta mandi.

Jam lima pagi dia sudah bangun, bahkan sering sehabis subuh tidak ingin kalah sama bunda dan ayahnya. Ikut bangun dan minta mandi juga. Kadang saya bertanya-tanya kebiasaan ini nurun siapa? Walau pun saya biasa bangun pagi, jika tidak bekerja atau hari libur saya jarang bangun tidur langsung mandi. Hehehe.. 

Hampir dipastikan kami berangkat bekerja dia sudah ganteng, mengantar saya dan bunda nya berangkat bekerja. Dia akan mengantar sampai depan pintu di teras depan. 
 



Next Post Previous Post
No Comment
Komentar
comment url