Pelatihan Satu Guru Satu Blog (Sagusablog)

Sagusablog Galery Budaya



Satu Guru Satu Blog atau yang disebut Sagusablog, kegiatan ini diselenggaran oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) secara gratis. Workshop Sagusablog dasar ini diselenggara dari 14-20 Juni 2020.

Peserta workshop Sagusablog Dasar ini adalah guru-guru seluruh Indonesia, yang terdaftar dalam Sagusablog Dasar gelombang 42 kurang lebih 800 peserta yang terbagi dalam 30 kelas kecil. 

Untuk menjangkau peserta sebanyak itu kegiatan ini dilakukan secara Daring (dalam jaringan). Pertama kali peserta harus mendaftar workshop tersebut di https://gurupembelajar.igi.or.id/, karena semua koordinasi dengan mentor dilakukan melalui Telegram, semua peserta diwajibkan memiliki aplikasi telegram. 

Modul workshop Sagusablog ini ada 6 modul, yang terdiri dari:

1. Membuat blog guru dengan engine Blogger

2. Mendesain template blog guru dengan template bawaan blogger

3. Mendesain header blog guru dengan program paint

4. Posting artikel, gambar, teks, video, Posting Laman, Posting artikel dengan pemenggalan paragraf, Membuat label/ kategori postingan, Menambahkan widget-widget penting seperti: popular post, Daftar link, Statistik Blog, Membuat link dalam tulisan, Membuat link download dari google drive

5. Mengelola dan Membuat menu standar blog guru

6. Membuat dan mengelola soal online di google drive. 

Setidaknya dengan kegiatan ini salah projek guru-guru Indonesia menambah wawasan dan keterampilan dalam memanfaatkan Teknologi. Selain itu, juga sebagai wadah guru dalam mendukung gerakan literasi. Sukses selalu untuk kawan-kawan guru, dan sukses untuk Sagusablog.


Next Post Previous Post
No Comment
Komentar
comment url