Best Practice Pemanfaatan Rumah Belajar dan Publikasi Ilmiah - Aksi #11

 Bertepatan hari Sumpah Pemuda, Jumat, 28 Oktober 2022. Semangat berbagi dan berkolaborasi berkobar. Selain mengikuti upacara di balai kota pagi harinya, siang langsung bersama sahabat-sahabat guru MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Bahasa Inggris Kota Surabaya di Ruang Lab. Komputer SMPN 17 Surabaya. Tajuk yang diambil pada kegiatan ini "Best Practice Pemanfaatan Rumah Belajar dan Publikasi Ilmiah"


Peserta yang hadir kurang lebih 80 guru, perwakilan setiap masing-masing sekolah. Tepat pukul 13.30 Wib acara dibuka oleh Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Surabaya, Atiko,S.S.,M.Pd.,M.M. "saya mendukung sepenuhnya kegiatan ini. Hasil karya tulisnya bisa dikirim ke jurnal milik Dinas Pendidikan." buka perempuan yang pernah menjadi Duta Rumah Belajar.

Setelah sambutan dan pembukaan, materi pertama diberikan kepada saya (Untung, S.Pd.). Kesempatan pertama inilah saya kupas tuntas motivasi dalam menulis, dan beberapa media yang bisa dijadikan wadah untuk kita (guru) menulis. "jika hasil tulisan kita berupa artikel atau pun opini, kita bisa menulis di Pena Rumah Belajar. Sedangkan yang berupa laporan atau pun artikel ilmiah bisa dikirim dijurnal.) Papar saya.

"jurnal milik kemendikbud juga bisa menjadi target kita menulis, ada Jurnal Teknodik, juga ada jurnal milik Dinas Pendidikan." Lanjut saya. Hari ini yang harus dilakukan adalah menulis, mulailah dulu dengan menulis apa pu. Dan terus berlatih, hasilkan karya yang banyak.

Tanpa berlatih, mustahil tulisan kita akan bagus. Karena menulis adalah keterampilan yang melibatkan kemampuan kognitif kita. "yang namanya terampil itu karena kita sering berlatih. Bisa karen kita sudah terbiasa." Pesan saya.

Antusiasme para pesert sangat tinggi. Paparan demi paparan diikuti dengan sungguh-sungguh. Setelah paparan materi saya selesai, saya dihampiri ketua MGMP, Hero Witjaksono, M.Pd. (Guru Bahasa Inggris SMPN 17 Surabaya). "terimakasih banyak sudah mau berbagi dan berkolaborasi dengan kami. Semoga ke depan antusiasme peserta bisa bisa menghasilkan karya dan berkolaborasi lagi" Tutur Hero.

Selain saya, ada tiga pemateri lainnya. Ketiganya merupakan dosen Bahasa Inggris Unipa Surabaya; Rahmad Hidayat, S.S., M.Pd., Samsul Khabib, S.Pd., M.Pd., dan Salim Nabhan, S.Pd., M.A.. Ketiganya fokus pembahasannya adalah karya tulis ilmiah hasil PTK dan manajemen aplikasi plagiarisme. Antara peserta dan pemateri RTL (Rencana Tindak Lanjuta) kegiatan ini minimal satu peserta menghasilkan satu karya tulis ilmiah yang siap dipublikasikan.

Salam berbagi dan berkolaborasi

Next Post Previous Post
No Comment
Komentar
comment url